Senin, 12 Desember 2016

3 Trik Mudah Menambah Kapasitas Penyimpanan di Smartphone



Saat ini mulai banyak bermunculan smartphone - smartphone murah yang berkeliaran di pasaran. Tapi dengan semakin murahnya smartphone beberapa fitur pun terpaksa dipangkas oleh vendor / merk untuk menekan modal produksi. Fitur yang paling sering di pangkas adalah memori internal smartphone itu sendiri,

Memori internal bisa dibilang bagian yang cukup penting untuk smartphone jaman sekarang, terutama smartphone android mengingat beberapa aplikasi / game harus di simpan di dalam memori internal. Hal ini pastinya jadi cukup merepotkan, apalagi jika harus mengorbankan kapasitas untuk menyimpan foto/video dibanding menyimpan game/aplikasi. Jadi serba salah ya.


Dari pada melamun dan selalu kerepotan untuk menyimpan data di dalam smartphone, ada baiknya kamu coba beberapa trik mudah ini untuk menamnbah kapasitas penyimpanan di smartphone kamu.

1. Fitur Adoptable Storage di Android Marshmallow


Bagi kamu yang menggunakan Android Marshmallow kamu ga perlu repot - repot baca tulisan ini sampe habis, Karena salah satu fitur keren di Android Marshmallow adalah adoptable storage. Fitur baru ini memungkinkan kamu untuk menjadikan memori eksternal kamu menjadi seperti memori internal tanpa harus root terlebih dahulu.

Penggunaannya pun cukup mudah, kamu cuma cukup memasukan memori eksternal dan melakukan setelan di pengaturan smartphone kamu.


2. Menggunakan Fitur USB On-The-Go



Cara lainnya adalah menggunakan fitur USB On-The-Go. Cara ini bisa dibilang tidak gratis, tapi cukup mudah karena sudah banyak toko-toko dipasaran yang menjual USB OTG ini. Jenis penyimpanan ini cukup unik, karena dapat kamu colok ke PC menggunakan sambungan USB serta di gunakan di smartphone dengan sambungan Micro USB (lubang charger).

Cara ini cukup mudah untuk digunakan. Tapi kamu harus ingat, tidak semua smartphone support dengan fitur ini. untuk mengecek apakah smartphone kamu sudah support fitur USB OTG, kamu bisa download aplikasi di smartphone yang dapat mendeteksi fitur ini di smartphone kamu.


3. Gunakan Cloud Storage


Nah bagaimana jika smartphone kamu bukan pegguna Android Marshmallow dan  tidak support memori eksternal serta OTG? Jangan sedih dulu, masih ada trik lainnya nih. Untuk menyimpan aplikasi / game kamu dapat gunakan memori internal, nah untuk menyimpan file (foto, video, dsb) kamu bisa menyimpannya langsung menggunakan layanan cloud.

Layanan ini memungkinkan kamu untuk menyimpan file-file kamu di storage server milik cloud provider dan hanya kamu yang dapat mengakses file-file kamu (kecuali kamu mengubah setting privasi atau cloud di hack). Belakangan ini sudah banyak layanan cloud berbayar maupun gratis yang menyediakan kemudahan dan keamanan yang memumpuni, sebut saja Onedrive dari Microsoft, Dropbox, Google Drive, Mega, Apple Cloud, dan masih banyak lagi.

Nah dsini saya akan membagi 2 tips cloud storage, untuk smartphone android dan non-android

A. Smartphone Android 
Untuk smartphone Android, saya merekomendasikan lebih baik menggunakan Google Drive saja. Dengan menggunakan Google Drive kamu ga perlu repot membuat akun baru karena langsung tersinkron dengan akun gmail kamu. Belum lagi kapasitas penyimpanann yang mencapai 15GB secara GRATIS. Jika sudah melewati 15GB kamu diharuskan untuk menghapus beberapa file kamu, atau mengekspansi ke kapasitas yang lebih tinggi dengan membayar sejumlah biaya.

Google drive ini juga sudah tersinkron dengan aplikasi Google Photos yang pastinya sudah terinstal secara pabrikan saat kamu membeli smartphone android kamu. Lebih mudah dan simple.

B, Smartphone Non-Android
Untuk smartphone non-android kamu bisa gunakan cloud storage Mega. Sebenarnya sih ga salah juga kamu menggunakan Google Drive tapi hanya saja kamu harus membuat akun Gmail terlebih dahulu.
Dengan menggunakan Mega kamu bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan 50GB saat pertama kali daftar secara GRATIS, Selain itu Mega juga mengklaim bahwa file yang kamu simpan disana aman karena sudah di enkripsi secara ketat.

Nah, itu dia trik mudah untuk menambah kapasitas penyimpanan di smartphone kamu. Gausah bingung dan kerepotan lagi kan kalau mau simpan file lewat smartphone. Semoga Bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar