Minggu, 11 Desember 2016

Ampuh ! 5 Cara Mengatasi Komputer / Laptop yang Lemot untuk Pengguna Awam



Komputer (PC) / Laptop dalam satu dasawarsa belakangan ini memang sudah menjadi kebutuhan sekunder bagi banyak orang. Sebagian orang bahkan sangat bergantung pada Komputer / Laptop dalam pekerjaannya, maka karena itu akan sangat merugikan jika komputer/laptop bekerja sangat lemot.

Nah, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan komputer / laptop kamu lemot. Tak semua pengguna mengetahui pasti penyebab ke-lemot-an ini, begitu juga dengan solusinya. Berikut 6 cara paling ampuh yang bisa dicoba untuk mengatasi komputer / laptop yang lemot.


1. Reboot Komputer

Ini menjadi solusi yang banyak dipilih oleh kebanyakan orang awam untuk mengobati kinerja komputer yang lemot. Cara ini sebenarnya sudah benar, karena terkadang ada banyak program yang dibuka secara bersamaan sehingga membutuhkan memory lebih, yang akhirnya menyebabkan komputer / laptop lemot.
Dengan melakukan reboot, maka seluruh program yang berjalan, akan mereset kembali dan memory yang digunakan komputerpun akan berkurang.

2. Program Auto Start on Startup

Jika cara pertama ini masih kurang ampuh, kemungkinan ada program yang berjalan secara otomatis ketika komputer di nyalakan. Banyak program yang dapat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah, tetapi sayangnya kebanyakan pengguna meng-instal program tanpa melakukan setting terlebih dahulu.

Sebagian besar program akan berjalan ketika komputer dinyalakan walaupun kita belum menggunakannya. Keadaan inilah yang membuat komputer / laptop kamu melambat. Tetapi sebenarnya ada setting / setelan yang dapat memungkinkan kamu agar program tersebut menyala pada saat kamu menggunakannya saja.

3. Harddrive hampir penuh

Faktor lainnya yang cukup menjengkelkan adalah harddrive. Seperti yang kita tahu Harddrive pada komputer / laptop adalah bagian untuk menyimpang data / dokumen (storage). Tetapi jika data atau dokumen yang kamu miliki di komputer / laptop terlalu banyak dan hampir penuh, pastinya akan mempengaruhi peforma perangkat secara keseluruhan

Pastikan selalu ada ruang yang cukup agar harddrive dapat berfungsi sebagaimana yang seharusnya, setidaknya berikan ruang sisa 20% dari total keseluruhan harddrive.


4. Instal ulang windows

Jika memang cara - cara di atas belum dapat mengatasi masalah lemot pada komputer / laptop ini, maka instal ulang windows adalah cara terakhir yang dapat digunakan. Menginstal ulang windows berarti akan menghapus seluruh data kamu, termasuk dengan program-program yang telah kamu instal.

Cara ini dikenal sangat ampuh karena segala macam hal (program/data) yang membuat komputer lemot akan hilang. Dan komputer / laptop kamu akan kembali kosong seperti pada saat pertama kali kamu membelinya. Tapi ingat satu hal, Cara ini cukup merepotkan karena kamu diharuskan menekan beberapa kombinasi tombol dan konfigurasi tertentu, belum lagi menginstal kembali program -program yang akan kamu gunakan.

5. Ganti Hardware

Jika setelah menginstal ulang windows dan masih lemot, kemungkinan terakhir adalah hardware pada komputer / laptop kamu tidak cukup kuat untuk menjalankan windows. Saat ini terdapat banyak versi windows yang populer sebut saja windows xp dan windows 7. Walaupun sama-sama windows kamu tidak dapat menyamakan kinerja kedua windows tersebut di hardware yang sama, karena setiap windows memiliki kebutuhan (requirement) hardware yang berbeda. Pastikan kamu menggunakan spesifikasi hardware yang sesuai dengan kebutuhan windows itu sendiri.

Nah itu dia 5 cara yang terkenal paling ampuh untuk mengatasi komputer / laptop yang lemot. Pastikan kamu mencoba cara - cara diatas terlebih dahulu sebelum pergi ke teknisi komputer, Lumayan kan bisa menghemat biaya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar