Minggu, 11 Desember 2016

3 Trik Jitu Mengatasi Casing CPU Komputer yang Sering Nyetrum



CPU kamu sering nyetrum jika tersentuh ? Walaupun setrumnya tidak berbahaya, tapi terkadang memang cukup menjengkelkan, saat dimana kamu mau melakukan sesuatu di dekat CPU dan tiba - tiba saja tersentuh dan kena setrum. Nah, Jika kamu sering mengalami hal tersebut, saya akan membagikan 3 Trik Jitu Mengatasi Casing CPU Komputer yang Sering Nyetrum.

Sebenarnya casing CPU yang nyetrum ini disebabkan oleh jalur listrik di komputer / rumah kamu yang tidak memiliki grounding yang baik. Hal ini disebabkan oleh jaringan instalasi listrik PLN di rumah yang tidak benar. Kebanyakan pegawai PLN atau tukang listrik saat memasang jaringan kabel di rumah menggunakan kabel yang terdiri dari gabungan 2 kabel saja, yaitu kabel bertegangan listrik dan kabel massa, tanpa adanya kabel ground (biasanya disatukan dengan kabel massa).

Karena itulah mengapa untuk beberapa peralatan elektronik seperti Komputer yang memerlukan kabel yang terdiri dari 3 kabel (Kabel tegangan listrik, kabel massa, dan kabel grounding) kamu masih bisa merasakan sedikit setrum ketika bersentuhan dengan peralatan elektronik tersebut.

Cara paling mudah adalah dengan memanggil tukang listrik atau PLN untuk memasang kabel ground di rumah anda. Tetapi cara ini cukup memakan waktu dan biaya untuk mengawasi dan membayar tukang. Nah, saya akan membagikan trik jitu agar waktu dan biaya kamu tidak terbuang dengan memasang kabel ground sendiri. Pemasangan ini cukup mudah dan hanya memakan waktu 5 hingga 10 menit aja kok. Berikut cara jitunya :


1. Siapkan 1 buah paku dan kabel. 

Di perlukan 1 buah paku dan kabel dengan panjang kurang lebih 1 -hingga 2 meter. Hal ini tergantung jarak CPU komputer kamu ke tanah atau dinding.


2. Tempelkan Kabel pada CPU

Tempelkan ujung kabel yang satu pada body CPU kamu. Terserah mau dibaut atau disolder, pokoknya harus menempel.
Biasanya sih dengna mengupas ujung kabel dengan tang lalu menempelkan ke salah satu baut yang ada di casing dekat power supply. Oiya, pastikan komputer kamu sudah tidak terhubung ke stop kontak ya, kan nyetrum :P.

3. Pakukan kabel ke dinding atau lantai

Ikat atau lilitkan ujung kabel yang satunya pada paku yang telah disiapkan. Lalu paku dipakukan pada dinding atau lantai rumah (diutamakan yang agak lembab) agar sistem grounding jadi lebih baik. Jangan lupa test dengan test pen apakah casing kamu masih nyetrum atau tidak. Jika masih, berarti kabel tidak benar-benar menempel pada CPU atau paku.

Nah begitulah, 3 Cara Jitu Mengatasi Casing CPU komputer yang Sering Nyetrum. Lebih hemat waktu dan biaya kan. Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar