Rabu, 01 Maret 2017

Bedanya Harddisk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD). Mana Yang Cocok Untuk Kamu Gunakan?


Pada saat membeli Laptop atau merakit PC pastinya kamu akan dihadapkan dengan istilah Harddisk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD) untuk bagian drive yang akan menampung data-data kamu. Nah, kali ini saya akan akan menjelaskan perbedaan HDD dan SSD agar kalian dapat memilih mana sih yang cocok untuk kalian gunakan.


1. Ukuran


Ukuran ini dipengaruhi oleh material dan komponen yang terdapat dalam masing-masing drive. Harddisk Drive menggunakan piringan yang diputar sehingga memerlukan komponen yang cukup banyak seperti platter, motor, dan material logam yang berpengaruh kepada tingkat putaran dan suhu dalam harddisk mempengaruhi ukuran dimensinya. Berbeda dengan SSD yang tidak memerlukan komponen-komponen tersebut sehingga ukurannya dapat disusutkan seiring dengan perkembangan jaman.
Pada bagian ukuran ini, SSD bisa dibilang merupakan drive yang kompak dan mudah di implementasi pada laptop yang tipis.

2. Komponen dan Keandalan

Seperti namanya Harddisk Drive adalah drive yang menggunakan piringan dengan motor pemutar untuk membaca dan menulis (Read Write) data. Berbeda dengan SSD yang menggunakan komponen elektronik seperti Intergrated Circuit atau IC, micro chip dan komponen elektronik pendukung lainnya seperti kapasitor. Semua proses pembacaan dan penulisan data dilakukan secara elektrik sama seperti proses yang terjadi pada Flashdisk dan memori RAM.
Hal ini pun berdampak pada keandalan dan daya tahan setiap drive. Harddisk merupakan drive yang rentan rusak saat terjatuh,


3. Kecepatan


Perbedaan komponen dan cara kerja inilah yang membuat adanya perbedaan kecepatan antara HDD dan SSD. Kecepatan yang ada pada SSD bahkan bisa 10x lipat lebih cepat dari pada HDD. Hal ini dapat meningkatkan kecepatan akses setiap software dan proses baca tulis pada saat ada proses pengiriman dan penerimaan data.
Kecepatan ini berpengaruh pada proses booting up laptop/pc yang biasanya memakan waktu cukup lama. Bahkan sangat berpengaruh terhadap peforma game-game pc jaman sekarang.

4. Efek Yang Muncul

Dikarenakan HDD menggunakan banyak komponen mekanik maka efek yang ditimbulkan HDD cukup banyak seperti, Panas yang berlebih, Konsumsi daya berlebih saat kerja ekstra, serta Suara yang ditimbulkan cukup kencang.
Untuk SSD, kamu tidak akan menemukan efek-efek seperti pada HDD.

5. Harga

Karena masih termasuk teknologi baru, dan unggul disetiap sektor dibandingkan dengan HDD, makan SSD dijual dengan harga yang berkali-kali lipat dibandingkan dengan harddisk.
Pada saat tulisan ini dibuat, harga SSD dengan kapasitas 120GB setara dengan harga HDD dengan kapasitas 1TB. Cukup jauh bukan perbedaan harganya?

Kesimpulan


Dengan beberapa keunggulan kamu dapat menggunakan SSd untuk meningkatkan peforma Laptop atau PC kamu, tapi harus dibayarkan dengan biaya yang cukup mahal jika kamu memiliki banyak data untuk disimpan (perbedaan kapasitas mempengaruhi harga). Tetapi jika kamu tidak mempermasalahkan peforma, kamu dapat menggunakan HDD mengingat harga yang jauh lebih bersahabat dengan kantong dibandingkan SSD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar